PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER
JURNALISTIK
SMAN 1 JAMPANGKULON
PERIODE 2020/2021
RASIONALISASI
Jurnalistik merupakan salah satu ekstrakurikuler
di SMAN 1 Jampangkulon. Jurnalistik adalah proses penulisan dan penyebaran
informasi berupa berita, feature, dan opini melalui media massa (sekolah).
Media sekolah yang dapat dimanfaatkan dalam hal ini adalah mading, website,
blog dan facebook (jurnalistik), serta majalah. Untuk itu, segala aktivitas
jurnalis akan dipusatkan pada media-media tersebut.
Ekstrakurikuler ini dibentuk untuk mengasah
kreativitas siswa khususnya di bidang penulisan dan fotografi. Seperti yang
kita ketahui, di masa remaja ini, para siswa membutuhkan sarana yang bisa
menunjang atau mendukung kreativitas mereka. Untuk itu, jurnalistik adalah
salah satu ekstrakurikuler yang dapat menjadi “wadah” yang cocok untuk
menampung hal tersebut.
Selain menjadi “wadah” kreativitas, kami harap
jurnalistik dapat menjadi sarana pendidikan siswa khususnya di bidang karya
tulis ilmiah, khususnya bidang kebahasaan kesastraan dan bidang fotografi.
Karena di dalam jurnalistik, terdapat hal-hal tersebut yang terkandung di dalam
kurikulum sekolah. Di ekstrakurikuler jurnalistik, banyak hal yang dapat
dipelajari, seperti menyusun reportase, menulis berita, menulis feature,
menulis artikel, fotografi, dll. Untuk itu, ekstrakurikuler ini dapat menjadi
sarana pendidikan sehingga dapat meringankan beban guru yang mengajar di kelas.
Selain yang disebutkan di atas, latar belakang dibentuknya ekstrakurikuler
jurnalistik adalah sebagai wujud menumbuhkembangkan warga sekolah yang ilmiah,
kreatif, dan inovatif. Selain hal tersebut jurnalistik juga sebagai media
penyampaian pesan yang tentunya dikemas secara menyenangkan dalam produksi
tulisan yang secara khusus difokuskan pada hal pendidikan.
Selain itu, jurnalistik juga bisa menjadi salah
satu kompetensi dengan karier yang cukup menjanjikan jika didasarkan pada
perkembangan media saat ini. Berdasarkan hal-hal di atas, maka dibentuklah
ekstrakurikuler jurnalistik di SMAN 1 Jampangkulon.
TUJUAN
Kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik di SMAN 1
Jampangkulon memiliki tujuan yaitu
(1) sebagai wadah untuk peserta didik mengekspresikan
diri melalui suatu karya tertulis dan fotografi,
(2) sebagai salah satu program ekstrakurikuler di
sekolah.
Tujuan yang pertama dimaksudkan agar melalui
karya tulis dan fotografi dapat mengekspresikan dirinya, menuangkan ide dan
gagasannya ke dalam tulisan dan karya fotografi sehingga minat dan bakat siswa
dalam menulis dan fotografi tersalurkan.
Tujuan yang kedua dimaksudkan bahwa setiap
sekolah berdasarkan Surat Keputusan Kepala Sekolah tentang diadakannya kegiatan
ekstrakurikuler jurnalistik.
Sehingga tujuan dari kegiatan ekstrakurikuler ini,
pada dasarnya lebih menekankan pada kompetisi, baik di tingkat sekolah maupun di
luar sekolah (regional dan nasional). Kegiatan insidental ini sebagai ajang
pengembangan diri sekaligus pencapaian prestasi sekolah. Oleh sebab itu, dengan
mengikuti kompetisi tersebut, tentu saja kami membutuhkan persiapan-persiapan
yang harus dilengkapi. Tujuannya sebenarnya yang paling penting adalah
mempersiapkan mental peserta didik yang tergabung dalam ekstrakurikuler
jurnalistik. Mendidik peserta didik untuk aktif, kreatif, dan inovatif bukanlah
hal mudah, diperlukan latihan lebih intensif.
Hasil yang diharapkan dari kegiatan ekstrakurikuler
jurnalistik adalah dalam kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik ini, peserta
didik dengan di dampingi guru Pembina mampu menghasilkan karya jurnalistik dan
fotografi yang bisa dipublikasikan melalui media sekolah, contohnya melalui
mading (majalah dinding), bulletin, majalah, dan media online. Dengan
diterbitkan majalah dinding, bulletin, dan majalah sekolah dapat dikatakan
hasil yang diharapkan dari program kerja bisa tercapai. Sehingga kontribusi
dari kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik dapat menerbitkan majalah dinding,
bulletin, majalah sekolah dan memberikan pengetahuan kepada peserta didik mengenai
jurnalistik.
DESKRIPSI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
Kegiatan ekstrakurikuler
jurnalistik SMAN 1 Jampangkulon direncanakan dalam waktu satu tahun, yang kegiatannya
meliputi: (1) konsep dasar dari kegiatan jurnalistik yang bisa dilaksanakan di
sekolah; (2) teknik menulis; (3) teknik reportase; (4) artistik dan karikatur;
(5) menulis artikel dan (6) kemas media. Dalam hal ini keenam kegiatan tersebut
ada dalam setiap semester karena dalam program kerja juga dilengkapi dengan
program kegiatan semester ganjil dan semester genap.
Program Pembinaan ekstrakurikuler
Jurnalistik secara umum memiliki 3 (tiga) program, yaitu (1) Program jangka pendek,
(2) Program jangka menengah, dan (3) Program jangka panjang.
1. PROGRAM UNGGULAN
Program kerja yang
menjadi unggulan ekstrakurikuler Jurnalistik, diantaranya:
a.
Penerbitan media online Jurnalistik SMAN 1
Jampangkulon
b. Mengadakan lomba jurnalistik dan fotografi
c.
Terjun dalam kegiatan jurnalistik yang besar, baik
sekolah maupun masyarakat
d. Melaksanakan program
GLS (Gerakan Literasi Sekolah)
2. PROGRAM JANGKA PENDEK
Program jangka pendek
merupakan program organisasi yang hanya berfokus dalam kehidupan organisasi
sehari-hari, atau minimal satu kali dalam satu semester. Berikut
program-program jangka pendek organisasi ekskul Jurnalistik:
a. Mengadakan Kajian
Materi satu kali setiap minggu yaitu pada hari Kamis
b. Membuat
artikel-artikel berita untuk di tempel di media Jurnalistik online atau Majalah Dinding
c. Membuat video atau film pendek
d. Selalu meng-update berita terbaru di blog dan
website/blog Jurnalistik
e. Membantu seluruh
pihak di SMAN 1 Jampangkulon dalam mengabadikan sebuah momen kegiatan.
f. Menjalin kerja sama
antar organisasi, baik di dalam maupun di luar SMAN 1 Jampangkulon.
g. Menyampaikan aspirasi siswa kepada pihak sekolah.
3.
PROGRAM JANGKA MENENGAH
Program jangka
menengah adalah program yang dilaksanakan secara umum dalam satu tahun
kepengurusan. Berikut program jangka menengah ekskul Jurnalistik:
a. Mengadakan pelantikan
pengurus baru.
b. Mengadakan Penerimaan
Anggota Baru (PAB)
c. Mengadakan
pembelajaran komputer mengenai cara-cara penulisan yang baik dan editing berita dan fhoto.
d. Mengadakan pendidikan
dan pelatihan (mengundang narasumber yang berkompeten).
e. Mengadakan angket
organisasi mengenai segala permasalahan belajar siswa.
f. Mengikuti berbagai lomba karya jurnalistik.
4.
PROGRAM JANGKA PANJANG
Program jangka
panjang adalah program yang merupakan usaha-usaha menuju tujuan dimasa depan
atau memiliki efek yang besar bagi tahun-tahun mendatang. Adapun program jangka
panjang ekskul Jurnalistik adalah:
a.
Mengadakan diskusi, pendidikan dan pelatihan, dan
kepemimpinan
b. Oftimalisasi blog Jurnalistik SMAN 1 Jampangkulon
sebagai bahan dokumen masa mendatang.
c.
Oftimalisasi Majalah Dinding untuk di-update setiap bulannya.
d. Mengupayakan tambahan kepemilikan
perlengkapan berita dan fhoto untuk keperluan dokumen dan karya tulis siswa.
Pelaksanaan kegiatan pembinaan
ekstrakurikuler Jurnalistik SMAN 1 Jampangkulon secara umum, akan mengarah
pelaksanaannya ke dalam dua hal, yaitu (1) kegiatan rutin, dan (2) kegiatan
insidental. Adapun kegiatan tersebut meliputi:
(1) Kegiatan Rutin
a.
Rapat Pengurus dan Anggota
b.
Oftimalisasi pengembangan blog jurnalistik
c.
Pemeliharaan Mading Sekolah
d.
Peliputan Kegiatan OSIS, Ekstrakurikuler, dan
Sekolah.
e.
Manajemen organisasi
f.
Oftimalisasi GLS
(2) Kegiatan Insidental
a.
Penerimaan Anggota Baru (PAB)
b.
Pembuatan/Penerbitan Majalah Sekolah
c.
Pendidikan dan Latihan (Diklat) Anggota
d.
Kongres/Pertanggungjawaban Pengurus
Ekstrakurikuler Jurnalistik
PENGELOLAAN
Pengelolaan pembinaan ekstrakurikuler
Jurnalistik diarahkan untuk
mengembangkan anggota Jurnalistik yang memiliki kecerdasan spiritual,
kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan kinestetis secara
optimal sebagai insan Indonesia.
Strategi pelaksanaan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler
Jurnalistik dilakukan
melalui tiga tahap, yaitu: (1) tahapan persiapan, (2) pelaksanaan, dan (3) penilaian.
1.
Tahap Persiapan
a. Pada awal tahun pelajaran, Pembina ekstrakurikuler
Jurnalistik menyusun
program kegiatan pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik.
b. Program kegiatan ekstrakurikuler
Jurnalistik yang telah
disusun dipadukan menjadi program kegiatan tahunan sekolah yang disesuaikan
dengan kalender pendidikan pada tahun berjalan dengan pendekatan sebagai
berikut:
1) terpadu, yaitu suatu kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik
yang mencakup OSIS, ekstrakurikuler di SMAN 1 Jampangkulon dan mata pelajaran;
2) mandiri, yaitu suatu kegiatan ekstrakurikuler
Jurnalistik yang hanya
mencakup materi-materi dan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik
yang dilaksanakan
secara mandiri.
2.
Tahap Pelaksanaan
Program kegiatan ekstrakurikuler
Jurnalistik yang
dikembangkan dalam pelaksanaan kegiatan harus memperhatikan dan
mempertimbangkan hal-hal berikut:
a. Ketercapaian tujuan, dengan memperhatikan aspek
kognitif, afektif, dan psikomotor;
b. Perkembangan usia, kejiwaan, minat, dan bakat anggota
ekstrakurikuler Jurnalistik;
c. Ketersediaan waktu dan kondisi lingkungan
sekolah;
d. Ketersediaan tenaga, dana, dan sarana prasarana.
Dalam melaksanakan kegiatan pembinaan ekstrakurikuler
Jurnalistik perlu
memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
3.
Tahap Penilaian
a. Maksud Penilaian
1)
Mengetahui keterlaksanaan program pembinaan ekstrakurikuler
Jurnalistik.
2) Menyusun laporan hasil penilaian keterlaksanaan
program ekstrakurikuler Jurnalistik.
3)
Menyediakan masukan untuk mengembangkan program ekstrakurikuler
Jurnalistik yang akan
datang.
b. Aspek Penilaian Program Ekstrakurikuler
Jurnalistik
1) Kesesuaian program ekstrakurikuler
Jurnalistik dengan program
sekolah dan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan pembinaan ekstrakurikuler
dan pembinaan kesiswaan.
2) Keterlaksanaan program pembinaan ekstrakurikuler
Jurnalistik dan pembinaan kesiswaan.
3) Hasil pelaksanaan program
kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik dan pembinaan kesiswaan.
PENDANAAN
Pendanaan kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik di
dapat melalui anggaran sekolah dan iuran anggota secara sukarela.
MONITORING, EVALUASI, PELAPORAN DAN TINDAK LANJUT
A.
Monitoring dan
Evaluasi
Kegiatan Pembinaan ekstrakurikuler
Jurnalistik SMAN 1 Jampangkulon perlu dimonitoring agar pelaksanaannya di
setiap kegiatan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Kegiatan monitoring dapat dilakukan
secara berkesinambungan oleh Pembina ekstrakurikuler Jurnalistik dan/atau oleh
Wakasek Kesiswaan dan Kepala Sekolah secara berkala.
Pelaksanaan monitoring yang dilakukan
bertujuan untuk:
1. Mengetahui
perkembangan kemajuan pelaksanaan program kerja ekstrakurikuler Jurnalistik
secara keseluruhan sebagai acuan untuk program perbaikan dan peningkatan
kualitas dan kuantitas kegiatan selanjutnya;
2. Memastikan bahwa
program atau kegiatan pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik yang telah
dirancang dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah diprogramkan dan untuk
mengetahui kendala-kendala selama proses pelaksanaan;
3. Mengetahui dengan
benar kegiatan maupun permasalahan yang dihadapi oleh ekstrakurikuler
Jurnalistik.
4. Memberikan
informasi dan data yang diperlukan kesiswaan atau sekolah terkait dalam rangka
membuat kebijakan lebih lanjut.
Selain dilakukan monitoring, perlu juga
dilakukan evaluasi terhadap kegiatan pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik
untuk mengetahui perkembangannya. Hasil evaluasi harus dilaporkan oleh Pembina
ekstrakurikuler Jurnalistik kepada Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab
melalui Wakasek Kesiswaan pada setiap akhir semester.
Pelaksanaan evaluasi kegiatan dilakukan
untuk mengetahui:
Monitoring dan evaluasi dilaksanakan oleh
Pembina ekstrakurikuler Jurnalistik, Wakasek Kesiswaan dan Wakasek Kurikulum
(berkaitan penilaian laporan capaian kompetensi) dan Kepala Sekolah terhadap
keterlaksanaan kegiatan dengan perangkat pelaksanaan monitoring dan evaluasi
yang sesuai.
B.
Pelaporan
Dalam rangka tertib administrasi,
kegiatan pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik perlu dilaporkan secara tertulis
oleh Pembina ekstrakurikuler Jurnalistik kepada Kepala Sekolah selaku Ketua
Pembina dan Penanggung Jawab ekstrakurikuler Jurnalistik melalui Wakasek
Kesiswaan yang dilengkapi dengan dokumentasi.
Laporan kegiatan ekstrakurikuler
Jurnalistik dalam satu semester berisi gambaran secara menyeluruh mengenai
program yang telah terlaksana dan belum terlaksana pada masing-masing materi
pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik dengan contoh sistematika sebagai
berikut:
LAPORAN SEMESTER KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
JURNALISTIK
Nama
Sekolah: SMAN 1 Jampangkulon
Alamat Sekolah: Jl. Warungtagog Jampangkulon
Sukabumi 43178
Kecamatan: Jampangkulon
Kabupaten: Sukabumi
Semester: 1 (satu)
Tahun Pelajaran: 2020/2021
1.
Kegiatan
2.
Kendala
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
3.
Saran-saran
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
4.
Tindak
Lanjut
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
Jampangkulon,
……………………… 2020
Pembina Ekstrakurikuler Jurnalistik,
Gusniawan
Sastrawiguna, S.Pd.
C.
Tindak Lanjut
Langkah-langkah tindak lanjut perlu
dilakukan setelah pelaksanaan monitoring dan evaluasi. Pelaporan pelaksanaan
kegiatan pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik harus dapat memberikan masukan
bagi peningkatan kualitas pelaksanaannya. Oleh sebab itu, perlu dilakukan
analisis terhadap setiap komponen kegiatan dan hubungan timbal balik dengan
komponen lainnya sehingga dapat ditemukan gagasan-gagasan atau pemikiran
yang progresif dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik di
masa yang akan datang.
PENUTUP
Program pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik merupakan bagian integral dari
penyelenggaraan ekstrakurikuler dan penyelenggaraan pendidikan secara
keseluruhan di SMAN 1 Jampangkulon. Dengan demikian, pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik seyogyanya menjadi suatu kekuatan yang
menjadi perhatian, baik dalam aspek kebijakan maupun teknis. Eksistensi dan
keberlangsungan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler
Jurnalistik di SMAN 1 Jampangkulon sudah selayaknya dipandang sama dan setara
dengan eksistensi keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di kelas.
Pengembangan pembinaan kreativitas kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik sepenuhnya diberikan kepada Pembina ekstrakurikuler Jurnalistik sesuai dengan pola manajemen pembinaan
kesiswaan dan manajemen sekolah yang dianut dalam standar pengelolaan
pendidikan. Agar kreativitas yang muncul pada anggota ekstrakurikuler Jurnalistik dan menjadi suatu kekuatan kohesif dan
kolektif maka perlu adanya suatu koridor yang dapat menjadi acuan dalam
pengembangan kegiatan pembinaan ekstrakurikuler
Jurnalistik.
Kegiatan Pembinaan ekstrakurikuler
Jurnalistik ini dimaksudkan untuk memberikan arah dan patokan bagi Pembina dan
sekolah pada khususnya dalam melakukan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler dalam
aspek kepribadian, bakat dan prestasi pada bidang jurnalistik secara langsung
maupun tidak langsung dengan aktivitas kurikuler.
Pelaksanaan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler
Jurnalistik, anggota ekstrakurikuler
Jurnalistik diposisikan sebagai subjek kegiatan sehingga memiliki kesempatan yang
sangat luas dalam mengembangkan dirinya secara bebas dan bertanggung jawab.
Kesadaran dan kepedulian seluruh civitas akademika SMAN 1 Jampangkulon
terhadap keberlangsungan dan kemajuan ekstrakurikuler
Jurnalistik dan semua unsur masyarakat, merupakan kunci dari terlaksananya
kegiatan pembinaan ekstrakurikuler
Jurnalistik.
Oleh sebab itu, upaya program pembinaan ekstrakurikuler
Jurnalistik merupakan prasyarat kelayakan pelaksanaan kegiatan pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik di SMAN 1 Jampangkulon dapat dipandang
sebagai suatu wujud nyata kepedulian yang sangat berarti dalam keseluruhan
proses pembinaan kesiswaan.
keren pak... Salam satu Pena.
BalasHapus