Kamis, 14 Januari 2021

PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER JURNALISTIK


PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER
JURNALISTIK
SMAN 1 JAMPANGKULON
PERIODE 2020/2021
 

RASIONALISASI
Jurnalistik merupakan salah satu ekstrakurikuler di SMAN 1 Jampangkulon. Jurnalistik adalah proses penulisan dan penyebaran informasi berupa berita, feature, dan opini melalui media massa (sekolah). Media sekolah yang dapat dimanfaatkan dalam hal ini adalah mading, website, blog dan facebook (jurnalistik), serta majalah. Untuk itu, segala aktivitas jurnalis akan dipusatkan pada media-media tersebut.
Ekstrakurikuler ini dibentuk untuk mengasah kreativitas siswa khususnya di bidang penulisan dan fotografi. Seperti yang kita ketahui, di masa remaja ini, para siswa membutuhkan sarana yang bisa menunjang atau mendukung kreativitas mereka. Untuk itu, jurnalistik adalah salah satu ekstrakurikuler yang dapat menjadi “wadah” yang cocok untuk menampung hal tersebut.
Selain menjadi “wadah” kreativitas, kami harap jurnalistik dapat menjadi sarana pendidikan siswa khususnya di bidang karya tulis ilmiah, khususnya bidang kebahasaan kesastraan dan bidang fotografi. Karena di dalam jurnalistik, terdapat hal-hal tersebut yang terkandung di dalam kurikulum sekolah. Di ekstrakurikuler jurnalistik, banyak hal yang dapat dipelajari, seperti menyusun reportase, menulis berita, menulis feature, menulis artikel, fotografi, dll. Untuk itu, ekstrakurikuler ini dapat menjadi sarana pendidikan sehingga dapat meringankan beban guru yang mengajar di kelas. Selain yang disebutkan di atas, latar belakang dibentuknya ekstrakurikuler jurnalistik adalah sebagai wujud menumbuhkembangkan warga sekolah yang ilmiah, kreatif, dan inovatif. Selain hal tersebut jurnalistik juga sebagai media penyampaian pesan yang tentunya dikemas secara menyenangkan dalam produksi tulisan yang secara khusus difokuskan pada hal pendidikan.
Selain itu, jurnalistik juga bisa menjadi salah satu kompetensi dengan karier yang cukup menjanjikan jika didasarkan pada perkembangan media saat ini. Berdasarkan hal-hal di atas, maka dibentuklah ekstrakurikuler jurnalistik di SMAN 1 Jampangkulon.

TUJUAN
Kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik di SMAN 1 Jampangkulon memiliki tujuan yaitu
(1)  sebagai wadah untuk peserta didik mengekspresikan diri melalui suatu karya tertulis dan fotografi,
(2)   sebagai salah satu program ekstrakurikuler di sekolah.
Tujuan yang pertama dimaksudkan agar melalui karya tulis dan fotografi dapat mengekspresikan dirinya, menuangkan ide dan gagasannya ke dalam tulisan dan karya fotografi sehingga minat dan bakat siswa dalam menulis dan fotografi tersalurkan.
Tujuan yang kedua dimaksudkan bahwa setiap sekolah berdasarkan Surat Keputusan Kepala Sekolah tentang diadakannya kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik.
Sehingga tujuan dari kegiatan ekstrakurikuler ini, pada dasarnya lebih menekankan pada kompetisi, baik di tingkat sekolah maupun di luar sekolah (regional dan nasional). Kegiatan insidental ini sebagai ajang pengembangan diri sekaligus pencapaian prestasi sekolah. Oleh sebab itu, dengan mengikuti kompetisi tersebut, tentu saja kami membutuhkan persiapan-persiapan yang harus dilengkapi. Tujuannya sebenarnya yang paling penting adalah mempersiapkan mental peserta didik yang tergabung dalam ekstrakurikuler jurnalistik. Mendidik peserta didik untuk aktif, kreatif, dan inovatif bukanlah hal mudah, diperlukan latihan lebih intensif.
Hasil yang diharapkan dari kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik adalah dalam kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik ini, peserta didik dengan di dampingi guru Pembina mampu menghasilkan karya jurnalistik dan fotografi yang bisa dipublikasikan melalui media sekolah, contohnya melalui mading (majalah dinding), bulletin, majalah, dan media online. Dengan diterbitkan majalah dinding, bulletin, dan majalah sekolah dapat dikatakan hasil yang diharapkan dari program kerja bisa tercapai. Sehingga kontribusi dari kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik dapat menerbitkan majalah dinding, bulletin, majalah sekolah dan memberikan pengetahuan kepada peserta didik mengenai jurnalistik.

DESKRIPSI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
Kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik SMAN 1 Jampangkulon direncanakan dalam waktu satu tahun, yang kegiatannya meliputi: (1) konsep dasar dari kegiatan jurnalistik yang bisa dilaksanakan di sekolah; (2) teknik menulis; (3) teknik reportase; (4) artistik dan karikatur; (5) menulis artikel dan (6) kemas media. Dalam hal ini keenam kegiatan tersebut ada dalam setiap semester karena dalam program kerja juga dilengkapi dengan program kegiatan semester ganjil dan semester genap.
Program Pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik secara umum memiliki 3 (tiga) program, yaitu (1) Program jangka pendek, (2) Program jangka menengah, dan (3) Program jangka panjang.

1.    PROGRAM UNGGULAN
Program kerja yang menjadi unggulan ekstrakurikuler Jurnalistik, diantaranya:
a.       Penerbitan media online Jurnalistik SMAN 1 Jampangkulon
b.     Mengadakan lomba jurnalistik dan fotografi 
c.      Terjun dalam kegiatan jurnalistik yang besar, baik sekolah maupun masyarakat
d.      Melaksanakan program GLS (Gerakan Literasi Sekolah)

2.    PROGRAM JANGKA PENDEK
Program jangka pendek merupakan program organisasi yang hanya berfokus dalam kehidupan organisasi sehari-hari, atau minimal satu kali dalam satu semester. Berikut program-program jangka pendek organisasi ekskul Jurnalistik:

a.  Mengadakan Kajian Materi satu kali setiap minggu yaitu pada hari Kamis

b.  Membuat artikel-artikel berita untuk di tempel di media Jurnalistik online atau Majalah Dinding

c.  Membuat video atau film pendek

d.  Selalu meng-update berita terbaru di blog dan website/blog Jurnalistik

e.  Membantu seluruh pihak di SMAN 1 Jampangkulon dalam mengabadikan sebuah momen kegiatan.

f.  Menjalin kerja sama antar organisasi, baik di dalam maupun di luar SMAN 1 Jampangkulon.

g. Menyampaikan aspirasi siswa kepada pihak sekolah.
 
3.         PROGRAM JANGKA MENENGAH
Program jangka menengah adalah program yang dilaksanakan secara umum dalam satu tahun kepengurusan. Berikut program jangka menengah ekskul Jurnalistik:

a.  Mengadakan pelantikan pengurus baru.

b.  Mengadakan Penerimaan Anggota Baru (PAB)

c.  Mengadakan pembelajaran komputer mengenai cara-cara penulisan yang baik dan editing berita dan fhoto.

d.  Mengadakan pendidikan dan pelatihan (mengundang narasumber yang berkompeten).

e.  Mengadakan angket organisasi mengenai segala permasalahan belajar siswa.

f. Mengikuti berbagai lomba karya jurnalistik.
 
4.         PROGRAM JANGKA PANJANG
Program jangka panjang adalah program yang merupakan usaha-usaha menuju tujuan dimasa depan atau memiliki efek yang besar bagi tahun-tahun mendatang. Adapun program jangka panjang ekskul Jurnalistik adalah: 
a.  Mengadakan diskusi, pendidikan dan pelatihan, dan kepemimpinan 
b. Oftimalisasi blog Jurnalistik SMAN 1 Jampangkulon sebagai bahan dokumen masa mendatang. 
c.  Oftimalisasi Majalah Dinding untuk di-update setiap bulannya.  
d. Mengupayakan tambahan kepemilikan perlengkapan berita dan fhoto untuk keperluan dokumen dan karya tulis siswa.

Pelaksanaan kegiatan pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik SMAN 1 Jampangkulon secara umum, akan mengarah pelaksanaannya ke dalam dua hal, yaitu (1) kegiatan rutin, dan (2) kegiatan insidental. Adapun kegiatan tersebut meliputi:
(1)  Kegiatan Rutin
a.       Rapat Pengurus dan Anggota
b.      Oftimalisasi pengembangan blog jurnalistik
c.       Pemeliharaan Mading Sekolah
d.      Peliputan Kegiatan OSIS, Ekstrakurikuler, dan Sekolah.
e.      Manajemen organisasi
f.        Oftimalisasi GLS
(2)  Kegiatan Insidental
a.       Penerimaan Anggota Baru (PAB)
b.      Pembuatan/Penerbitan Majalah Sekolah
c.       Pendidikan dan Latihan (Diklat) Anggota
d.      Kongres/Pertanggungjawaban Pengurus Ekstrakurikuler Jurnalistik

PENGELOLAAN
Pengelolaan pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik diarahkan untuk mengembangkan anggota Jurnalistik yang memiliki kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan kinestetis secara optimal sebagai insan Indonesia.
Strategi pelaksanaan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: (1) tahapan persiapan, (2) pelaksanaan, dan (3) penilaian.
1.    Tahap Persiapan
a. Pada awal tahun pelajaran, Pembina ekstrakurikuler Jurnalistik menyusun program kegiatan pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik.
b. Program kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik yang telah disusun dipadukan menjadi program kegiatan tahunan sekolah yang disesuaikan dengan kalender pendidikan pada tahun berjalan dengan pendekatan sebagai berikut:
1) terpadu, yaitu suatu kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik yang mencakup OSIS, ekstrakurikuler di SMAN 1 Jampangkulon dan mata pelajaran;
2) mandiri, yaitu suatu kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik yang hanya mencakup materi-materi dan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik yang dilaksanakan secara mandiri.
2.    Tahap Pelaksanaan
Program kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik yang dikembangkan dalam pelaksanaan kegiatan harus memperhatikan dan mempertimbangkan hal-hal berikut:
a. Ketercapaian tujuan, dengan memperhatikan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor;
b. Perkembangan usia, kejiwaan, minat, dan bakat anggota ekstrakurikuler Jurnalistik;
c. Ketersediaan waktu dan kondisi lingkungan sekolah;
d. Ketersediaan tenaga, dana, dan sarana prasarana.
Dalam melaksanakan kegiatan pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

3.    Tahap Penilaian
a.  Maksud Penilaian
1)    Mengetahui keterlaksanaan program pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik.
2) Menyusun laporan hasil penilaian keterlaksanaan program ekstrakurikuler Jurnalistik.
3)    Menyediakan masukan untuk mengembangkan program ekstrakurikuler Jurnalistik yang akan datang.
b. Aspek Penilaian Program Ekstrakurikuler Jurnalistik
1) Kesesuaian program ekstrakurikuler Jurnalistik dengan program sekolah dan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan pembinaan ekstrakurikuler dan pembinaan kesiswaan.
2) Keterlaksanaan program pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik dan pembinaan kesiswaan.
3) Hasil pelaksanaan program kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik dan pembinaan kesiswaan.

PENDANAAN
Pendanaan kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik di dapat melalui anggaran sekolah dan iuran anggota secara sukarela.

MONITORING, EVALUASI, PELAPORAN DAN TINDAK LANJUT
A.        Monitoring dan Evaluasi
Kegiatan Pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik SMAN 1 Jampangkulon perlu dimonitoring agar pelaksanaannya di setiap kegiatan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Kegiatan monitoring dapat dilakukan secara berkesinambungan oleh Pembina ekstrakurikuler Jurnalistik dan/atau oleh Wakasek Kesiswaan dan Kepala Sekolah secara berkala.
Pelaksanaan monitoring yang dilakukan bertujuan untuk:
1. Mengetahui perkembangan kemajuan pelaksanaan program kerja ekstrakurikuler Jurnalistik secara keseluruhan sebagai acuan untuk program perbaikan dan peningkatan kualitas dan kuantitas kegiatan selanjutnya;
2. Memastikan bahwa program atau kegiatan pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik yang telah dirancang dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah diprogramkan dan untuk mengetahui kendala-kendala selama proses pelaksanaan;
3. Mengetahui dengan benar kegiatan maupun permasalahan yang dihadapi oleh ekstrakurikuler Jurnalistik.
4. Memberikan informasi dan data yang diperlukan kesiswaan atau sekolah terkait dalam rangka membuat kebijakan lebih lanjut.
Selain dilakukan monitoring, perlu juga dilakukan evaluasi terhadap kegiatan pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik untuk mengetahui perkembangannya. Hasil evaluasi harus dilaporkan oleh Pembina ekstrakurikuler Jurnalistik kepada Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab melalui Wakasek Kesiswaan pada setiap akhir semester.
Pelaksanaan evaluasi kegiatan dilakukan untuk mengetahui:

Monitoring dan evaluasi dilaksanakan oleh Pembina ekstrakurikuler Jurnalistik, Wakasek Kesiswaan dan Wakasek Kurikulum (berkaitan penilaian laporan capaian kompetensi) dan Kepala Sekolah terhadap keterlaksanaan kegiatan dengan perangkat pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang sesuai.

B.        Pelaporan
Dalam rangka tertib administrasi, kegiatan pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik perlu dilaporkan secara tertulis oleh Pembina ekstrakurikuler Jurnalistik kepada Kepala Sekolah selaku Ketua Pembina dan Penanggung Jawab ekstrakurikuler Jurnalistik melalui Wakasek Kesiswaan yang dilengkapi dengan dokumentasi.
Laporan kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik dalam satu semester berisi gambaran secara menyeluruh mengenai program yang telah terlaksana dan belum terlaksana pada masing-masing materi pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik dengan contoh sistematika sebagai berikut:

LAPORAN SEMESTER KEGIATAN EKSTRAKURIKULER JURNALISTIK

Nama Sekolah: SMAN 1 Jampangkulon
Alamat Sekolah: Jl. Warungtagog Jampangkulon Sukabumi 43178
Kecamatan: Jampangkulon
Kabupaten: Sukabumi
Semester: 1 (satu)
Tahun Pelajaran: 2020/2021

1.    Kegiatan
 2.    Kendala
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
3.    Saran-saran
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
4.    Tindak Lanjut
…………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………….

Jampangkulon, ……………………… 2020
Pembina Ekstrakurikuler Jurnalistik,


Gusniawan Sastrawiguna, S.Pd.
 
C. Tindak Lanjut
Langkah-langkah tindak lanjut perlu dilakukan setelah pelaksanaan monitoring dan evaluasi. Pelaporan pelaksanaan kegiatan pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik harus dapat memberikan masukan bagi peningkatan kualitas pelaksanaannya. Oleh sebab itu, perlu dilakukan analisis terhadap setiap komponen kegiatan dan hubungan timbal balik dengan komponen lainnya sehingga dapat ditemukan gagasan-gagasan atau pemikiran
yang progresif dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik di masa yang akan datang.

PENUTUP
Program pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik merupakan bagian integral dari penyelenggaraan ekstrakurikuler dan penyelenggaraan pendidikan secara keseluruhan di SMAN 1 Jampangkulon. Dengan demikian, pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik seyogyanya menjadi suatu kekuatan yang menjadi perhatian, baik dalam aspek kebijakan maupun teknis. Eksistensi dan keberlangsungan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik di SMAN 1 Jampangkulon sudah selayaknya dipandang sama dan setara dengan eksistensi keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di kelas.
Pengembangan pembinaan kreativitas kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik sepenuhnya diberikan kepada Pembina ekstrakurikuler Jurnalistik sesuai dengan pola manajemen pembinaan kesiswaan dan manajemen sekolah yang dianut dalam standar pengelolaan pendidikan. Agar kreativitas yang muncul pada anggota ekstrakurikuler Jurnalistik dan menjadi suatu kekuatan kohesif dan kolektif maka perlu adanya suatu koridor yang dapat menjadi acuan dalam pengembangan kegiatan pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik.
Kegiatan Pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik ini dimaksudkan untuk memberikan arah dan patokan bagi Pembina dan sekolah pada khususnya dalam melakukan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler dalam aspek kepribadian, bakat dan prestasi pada bidang jurnalistik secara langsung maupun tidak langsung dengan aktivitas kurikuler.
Pelaksanaan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik, anggota ekstrakurikuler Jurnalistik diposisikan sebagai subjek kegiatan sehingga memiliki kesempatan yang sangat luas dalam mengembangkan dirinya secara bebas dan bertanggung jawab.
Kesadaran dan kepedulian seluruh civitas akademika SMAN 1 Jampangkulon terhadap keberlangsungan dan kemajuan ekstrakurikuler Jurnalistik dan semua unsur masyarakat, merupakan kunci dari terlaksananya kegiatan pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik.
Oleh sebab itu, upaya program pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik merupakan prasyarat kelayakan pelaksanaan kegiatan pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik di SMAN 1 Jampangkulon dapat dipandang sebagai suatu wujud nyata kepedulian yang sangat berarti dalam keseluruhan proses pembinaan kesiswaan.


1 komentar: